Membaca artikel tentang smartphone istilah chipset sering digunakan. Mungkin anda sering mendengar atau membaca. Chipset adalah salah satu komponen kunci dari smartphone dan tablet. Apa itu chipset?


Chipset OS dan IOS
Gambar : voi.id


Chipset adalah "otak" smartphone dan terdiri dari berbagai komponen seperti pemroses data (CPU), unit pemrosesan grafis (GPU), pemrosesan kamera (ISP), DSP, pemosisian GPS/GLONASS, modem, dll. Oleh karena itu, chip tersebut mengandung banyak komponen penting untuk smartphone dan tablet Android atau iPhone. Chipset adalah "otak" smartphone dan tablet karena mengandung banyak komponen penting. Oleh karena itu, semua fungsi smartphone dikendalikan dan didukung oleh chipset. Chipset juga mendukung resolusi layar. Chipset yang hanya mendukung layar Full HD tidak bisa dipasang di smartphone dengan resolusi layar 2K QHD, 4K UHD atau lebih tinggi. Chipset biasanya disebut sebagai SoC atau system-on-chip. Chipset atau SoC adalah versi miniatur dari motherboard PC dan segala isinya. Mengapa dibuat chipset Mereka menghemat ruang sehingga smartphone dan tablet dapat bekerja seperti PC dan laptop kecil. Selain itu, ukuran chipset yang kecil namun serbaguna memastikan konsumsi baterai yang lebih hemat.

Fitur HP OS dan iOS Chipset

Chipset adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah smartphone. Chipset termasuk CPU, GPU, modem, ISP, NSP, DSP, memori, dll. Paket chipset mencakup pengontrol untuk video, audio, dan tampilan layar, dukungan memori RAM, dan modem yang memungkinkan ponsel Anda mengakses Internet. Chipset terbaru juga memiliki fungsi pengisian cepat dan komponen AI. Chipset di smartphone Android dan iPhone mengelola berbagai tugas komputasi dan menghubungkan berbagai perangkat keras di smartphone. Chipset memainkan peran kunci dalam menghubungkan CPU, GPU, memori, GPS, dll. Komponen di dalam chipset mengatur semua yang dibutuhkan smartphone: pemrosesan data, grafik, kamera, modem, dll.